Get Adobe Flash player
JADWAL SHALAT  Subuh 04:35 WIB | Dzuhur 11:47 WIB | Ashar 14:59 WIB | Maghrib 17:49 WIB | Isya 18:54 WIB

Militer & Hankam

Akhirnya, Militer Mesir Gulingkan Presiden Mursi

“Apa yang terjadi adalah kudeta dan inkonstitusional, namun saya mengajak semua pihak untuk melakukan demo damai” kata Muhammad Mursi dalam pidato terakhirnya yang diposting di Internet dan disiarkan ulang Stasiun Televeisi Aljazeera.

Kamis, 4 Juli 2013 06:25 Fath|
Akhirnya, Militer Mesir Gulingkan Presiden Mursi
Jenderal Abdel Fatah Al-Sisi Mengumumkan Peralihan Kekuasaan di Mesir (Foto/Egyptian TV)
Kairo,POL

Didukung tokoh-tokoh oposisi dan pemimpin agama, utamanya Syeikh Azhar, dan pemimpin Koptik Mesir, Kepala Angkatan Bersenjata Mesir, Jenderal Abdel Fatah Al-Sisi mengumumkan peralihan kekuasaan, menggulingkan Presiden Muhammad Mursi dari kursi Kepresidenan, Rabu malam (3/7/2013).

Jenderal Abdel Fatah Al-Sisi menyerahkan urusan negara kepada Ketua Mahkamah Konstitusi Mesir untuk menggantikan Muhammad Mursi.

Pengumuman peralihan kekuasaan yang disiarkan langsung Televisi Mesir itu disambut gembira para penentang Mursi yang sejak beberapa bulan terakhir melakukan demo di Tahrir Square meminta tokoh  Ikhwanul Muslimin itu mengundurkan diri.

Para penentang Mursi yang berkumpul di Tahrir Square menyalakan kembang api, membentangkan bendera Mesir dan meniup terompet merayakan kemenangan. Sementara itu, para pendukung Mursi di berbagai kota di Mesir juga melakukan unjuk rasa menentang kudeta yang dilakukan kelompok militer.

Menurut Stasiun Televisi Aljazeera,Rabu(3/7/2013) 6 orang dilaporkan tewas dan puluhan orang mengalami luka-luka dalam bentrok antara pendukung Mursi dan penentangnya di kota Marsa dan Alexandria.

Dalam pidato terakhir Muhammad Mursi yang diposting lewat internet dan disiarkan ulang Stasiun Televisi Aljazeera, Rabu malam (3/7/2013), Muhammad Mursi menegaskan bahwa ia menolak kudeta yang dilakukan militer dan menyatakan bahwa ia merupakan Presiden Mesir yang sah sesuai konstitusi.

“Apa yang terjadi adalah kudeta dan inkonstitusional, namun saya mengajak semua pihak untuk melakukan demo damai”  kata Muhammad Mursi.

”Saya siap berdialog dengan semua pihak. Saya akan bersama kalian dalam menjaga konstitusi, berpegang teguh pada konstitusi dan undang-undang. Saya tidak rela jika ada orang yang memaksakan kehendaknya kepada rakyat Mesir,” lanjutnya.

Muhammad Mursi menjadi presiden pertama Mesir yang dipilih rakyat setelah revolusi musim semi 2012, menggatikan Presiden Hosni Mubarak yang mengundurkan diri pada 11 Februari 2011. Ia  hanya memerintah Mesir selama satu tahun sejak dilantik pada bulan Juni 2012 lalu.

Dibaca 462 kali

Pelita Online hari ini
Tinggalkan komentar....
Militer & Hankam
Prancis Tarik Pasukan dari Afghanistan

Prancis Tarik Pasukan dari Afghanistan

Tindakan itu dianggap merugikan. Musuh pemerintah Afghanistan akan menganggap dengan menyerang NATO dan koalisinya, pasukan asing akan ditarik dari Afghanistan